Minggu, 15 April 2012

Masalah Kemiskinan

Masalah Kemiskinan

Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan.
            Masalah kemiskinan dianggap sebagai salah satu hal yang dapat menghambat proses pembangunan sebuah Negara. Salah satu Negara yang masih dibelit oleh masalah social ini salah satunay Indonesia. Untuk mengatasi masalah kemiskinan, pemerintah memiliki peran yang sangat besar, namun program-program yang di lakukan pemerintah selama ini belumlah berjalan secara optimal. Di luar sana masih banyak rakyat yang sangat kekurangan dari segi materi.
Kemiskinan dipahami dalam berbagai cara. Pemahaman utamanya mencakup:
  • Kekurangan materi, yang biasanya mencakup kebutuhan pangan sehari-hari, sandang, perumahan, dan pelayanan kesehatan. Kemiskinan dalam arti ini dipahami sebagai situasi kelangkaan barang-barang dan pelayanan dasar.
  • Kebutuhan sosial, termasuk keterkucilan sosial, ketergantungan, dan ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Hal ini termasuk pendidikan dan informasi. Keterkucilan sosial biasanya dibedakan dari kemiskinan, karena hal ini mencakup masalah-masalah politik dan moral, dan tidak dibatasi pada bidang ekonomi.
  • Kurangnya penghasilan dan kekayaan yang memadai. Makna "memadai" di sini sangat berbeda-beda melintasi bagian-bagian politik dan ekonomi di seluruh dunia.
Upaya yang dilakukan pemerintah salah satunya dengan program Bantuan Langsung Tunai yang merupakan kompensasi yang diberikan usai penghapusan subsidi minyak tanah dan program konversi bahan bakar gas. Selain itu ada juga pelaksanaan bantuan di bidang kesehatan yaitu jaminan kesehatan masyarakat. Namun hal yang telah di upayakan pemerintah tersebut belumlah mengurangi angka kemiskinan, sebaliknya angka kemiskinan pun melonjak semakin tinggi.
Seharusnya pemerintah membuat program-program lagi yang dapat membuat angka kemiskinan semakin berkurang seperti:
§  Menciptakan lapangan kerja baru , dengan di buat lapangan kerja yang semakin banyak akan membuat rakyat-rakyat kecil dapat menghasilkan pendapatan yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.
§  Memberikan bahan-bahan pokok secara gratis, dengan begitu rakyat yang tidak mampu membeli bahan-bahan pokok dapat memakainya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari mereka.

                            http://id.wikipedia.org/wiki/Kemiskinan

 www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar