Sabtu, 12 Oktober 2013

Mobil Murah



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Akhir-akhir ini banyak produsen mobil mengeluarkan mobil dengan harga di bawah rata-rata dengan kata lain mobil murah. Dengan di keluarkannya kebijakan mobil-mobil murah oleh para produsen mobil, ini tentu saja bertolak belakang dengan kebijakan pemerintah pusat untuk mengurangi jumlah mobil yang telah beredar untuk mengantisipasi kemacetan yang semakin semeraut di jalanan Ibu Kota. Kekhawatiran ini tentu wajar, faktanya peningkatan penjualan kendaraan roda empat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini sangat luar biasa yang semakin tahun pertambahannya sangat drastis.

B.      Perumusan Masalah
-Apa penyebab permasalahan mobil murah ini?
-Dampak apa yang bisa terjadi dengan munculnya ide mobil-mobil murah yang telah dikeluarkan para produsen mobil?
-Apa Solusi untuk permasalahan mobil murah ini?

C.      Tujuan dan Manfaat Penulisan
-Tujuan
Agar kita mengerti masalah dan menemukan solusi mobil murah.
-Manfaat
Semoga pembahasan ini dapat berguna bagi kita semua

D.      Metode Penulisan
Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penulis menggunakan metode studi dokumenter. Adapun teknik yang dipergunakan pada penelitian ini adalah Studi Pustaka dan membaca beberapa artikel yang berhubungan dengan mobil murah.




 

BAB II

PEMBAHASAN


Mobil murah belakangan menjadi polemik yang hangat dibicarakan. Meski pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 untuk program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC/low cost green car), penolakan tetap saja terjadi dari berbagai kalangan. ubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) adalah salah seorang yang menolak kebijakan pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Alasannya, dengan adanya mobil murah, kemacetan di Ibu Kota akan semakin parah.
Dari berbagai pendapat telah memunculkan opini tentang dampak positif dan negatif dari dikeluarkannya kebijakan LCGC ini, antara lain :

-Dampak Positif :Kebijakan LCGC akan mendorong pertumbuhan industri automotif Tanah Air. Sampai triwulan III tahun ini industri alat angkut (automotif) telah tumbuh sebesar 7,52%. Sementara, Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, selama kurun Januari hingga November 2012 mobil merek Jepang tetap menguasai pasar automotif Indonesia.
-Dampak Negatif :  Perlu kita perhatikan juga bahwa kebijakan mobil murah ini akan membebani anggaran pendapatan dan belanja negara dengan melonjaknya penggunaan BBM bersubsidi. Tahun ini saja penggunaan BBM bersubsidi mencapai 50 juta kilo liter dari rencana 46 juta kilo liter sehingga akan menjebol APBN akibat penggunaan subsidi BBM yang tidak tepat. Bagaimanapun program mobil murah dan ramah lingkungan ini bertolak belakang dengan semangat penghematan penggunaan BBM yang selama ini digembar-gemborkan pemerintah.

Menurut para Gurbernur:
-Jokowi berpendapat, seharusnya yang digalakkan adalah transportasi massal yang aman, nyaman dan murah, bukan malah menyediakan mobil murah.
"Mobil murah itu enggak bener. Yang bener itu transportasi yang murah. Sekali lagi, mobil murah itu enggak bener, yang bener itu transportasi yang murah," kata Jokowi.
-Selain Jokowi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga dengan tegas menolak mobil murah. Menurutnya, kebijakan mobil murah dinilai hanya akan menambah beban jalan, dan membuat kota-kota besar semakin macet.
-Begitu juga dengan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Politikus muda ini dengan tegas menolak program mobil murah ramah lingkungan (LCGC). Alasannya kota kembang tengah menggenjot penggunaan angkutan umum buat warganya.
"Saya tidak setuju dengan program mobil murah, yang bisa menambah banyak kendaraan dan mempersempit usaha kita mengurai kemacetan," kata Ridwan .

Penolakan dari para kepala daerah itu cukup masuk akal. Sebab, program mobil murah tersebut juga seakan bertentangan dengan 17 instruksi Wakil Presiden Boediono yang ditandatangani pada 10 September 2010 lalu. Dalam instruksi itu, terlihat jelas pada poin ke-13 disebutkan salah satu cara mengatasi kemacetan adalah dengan melakukan pembatasan kendaraan bermotor.
Pihak pemerintah pusat melalui Menteri Perindustrian MS Hidayat membantah jika mobil mobil murah akan menjadi biang kemacetan di Jakarta. Menurutnya, mobil murah dan ramah lingkungan merupakan program nasional. Artinya, akan tersebar secara nasional, tak hanya di Jakarta.


Apabila pemerintah tetap bersikukuh mengeluarkankebijakan mobil murah dan ramah lingkungan ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar kebijakan ini tidak lantas memicu berbagai masalah baru, antara lain ;
  • Produksi mobil murah dan ramah lingkungan ini selain untuk dipasarkan di dalam negeri sebaiknya dibarengi dengan ekport baik mobil maupun spare part lainnya. 
  • Program konversi BBM ke BBG yang selama ini dikoar-koarkan pemerintah sebaiknya direalisasikan secara bertahap. 
  • Perbaikan managemen traffik serta ketegasan dalam menegakkan aturan berlalu-lintas. 
  • Percepatan penambahan dan perbaikan infrastruktur baik jalan maupun fasilitas pendukung lainnya


BAB III

PENUTUP


A.      Kesimpulan
Jadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa sebenarnya dari kedua kubu yang mengeluarkan gagasan tentang mobil murah tidak bias disalahkan, karena mereka hanya ingin membuat Ibu Kota tampil menjadi lebih baik dari sekarang.

B.      Saran
Menurut saya,lebih baik pemerintah menyediakan fasilitas kendaraan umum yang layak dan nyaman sehingga pengguna mobil pun berkurang dan dapat berahli ke angkutan umum. Jadi kemacetan yang sangat semeraut di Ibu Kota lama-lama akan semakin kurang, dan Jakarta menjadi kota yang lebih baik lagi.

Referensi:
-          nasional.inilah.com/read/detail/.../jokowi-dan-panggung-mobil-murah
-          http://m.sindonews.com/read/2013/09/18/34/784456/mobil-mura-akan-timbulkan -masalah-baru

1 komentar:

  1. kami sgp melayani jasa jasa pasang dan perbaikan..


    CCTV bisa dipantau dg hp.

    AC pendingin ruangan.

    bel panggil perawat atau pegawai.

    running text LED.

    GPS tracker buat kendaraan.

    ALARM gedung.

    PABX telephone lokal.

    Panel listrik dan instalasi.

    design alat sesuai kebutuhan.

    bel jam otomatis.

    alat elektronik mesincuci dll

    Speaker gedung.

    untuk info lebih lanjut mohon hub saya.
    0822 315 625 89
    Atau
    tsabitataya@gmail.com

    Saya siap brkunjung ke tempat anda.

    ac tidak dingin , servis cctv di malang, tukang cctv,cctv paket berapa,harga cctv , dvr tidak bisa merekam, jasa cctv di malang , cctv di gondanglegi ,. cctv di turen,beli cctv dimana , cctv mati, pasang cctv, telepon rusak,pbx ,kediri,blitar, pabx , interkom mati , setting pabx di kediri , cctv di kediri, nganjuk , madiun , cctv rusak , dengan , di , pabx , ngadiluwih , pare , dampit , rumah aman , turen , kepanjen , makanan , rejoso , kepanjen , ac rusak , ac dengung , cctv mati , telepon tidak bunyi , tulungagung , malang, madiun , jombang , tidak bisa online , cctv indoor , harga murah , cctv indoor, cctv di turen , servis cctv di malang ,
    rusak ? hub kami., cctv di nganjuk, jual cctv di turen, cctv murah di nganjuk, cctv rusak, cctv tidak bisa onlen, cctv android, jasa cctv di kepanjen, tukang cctv di dampit, ahli pasang cctv, pasang cctv di kediri, jual cctv malang, fungsi cctv adalah, beli cctv dimana, cctv dome, cctv buat rumah, cctv kena petir, pengaman rumah, alarm rumah, cctv yang murah, rekaman cctv, bisa dilihat dg hape, cctv mati, cctv di nganjuk, jasa cctv di kediri, cctv di tulungagung, cctv di batu malang, dvr tidak merekam, cctv tahan cuaca, spycam, hidden kamera, cctv kecil, cctv analog, ac tidak dingin, ac tambah freon, r22, ac mati hidup, pabx rusak, telepon mati, ada kerusakan, ac di turen, ac di malang, nambah freon, ac di malang, service ac, pabx, telepon putus, dering telepon, kenapa telepon mati, cctv, cctv, pengaman rumah, cctv infrared, tukang cctv, jual cctv murah, paket cctv, kota kediri, kota malang, area blitar, area malang, area kediri, kota kediri, kota malang, kota malang, malang cctv, malang cctv, cctv di malang selatan, cctv dampit, cctv di dampit, ac di turen, ac kota malang, tukang ac di turen, jasa ac di turen, jasa ac di malang kota, tambah freon ac, ac tidak dingin, jasa cctv di turen, tukang service di turen, service di dampit, cctv dampit, cctv rumah, pengaman rumah, alarm kebakaran, terekam cctv, perekam cctv, mesin cctv rusak, cctv tidak tampil, cctv infrared. di malang, cctv di malang, cctv malang raya, cctv untuk malang, cctv di malang, cctv malang raya, di malang, cctv malang, cctv dampit, cctv di dampit, cctv di bululawang, cctv kepanjen,cctv dipasang, cctv murah, cctv rumah, cctv internet, cctv malang, cctv wlingi, cctv rusak, cctv mati, jual cctv di malang, jual cctv, toko cctv malang, ahli cctv, cctv malang, cctv malang raya, cctv di turen, cctv turen,cctv malam, cctv rusak, cctv tidak hidup, cctv di dampit, cctv pabrik, cctv rusak, jasa perbaikan cctv di malang, jasa perbaikan cctv, madiun, untuk nganjuk, telepon rusak, interkom mati, telepon tdk bisa bunyi, dering telepon, operasi, kamar ok, lampu ok, buat alat, jasa pemasangan, tukang pasang, wilayah, madiun, ngawi, nganjuk, kediri, blitar, cctv blitar, cctv malang, cctv turen, cctv turen, cctv di turen, cctv malang, cctv turen, adaptor cctv, dvr, kerusakan cctv, dvr mati, dvr bunyi, kabel cctv, jasa perbaikan cctv, kabel cctv, cctv untuk rumah, alat pengaman rumah, instalasi listrik resmi, listrik konslet, ac tdk dingin, tambah freon, ac mati, ac tidak mau hidup, ac cuma berkedip, kenapa, sebab, ac turen, servis ac di blitar murah, cctv malang, cctv di malang, cctv infrared, cctv ahd, cctv rusak, alarm maling,alarm maling malang, alarm kebakaran, alarm kebakaran, nurse call, alat pemanggil suster, alat pemanggil pelayan, pasien, alat pemanggil perawat,cctv di kepanjen, cctv kepanjen, pabx kediri, pabx di pare, pabx di malang, pabx di nganjuk, pabx kota, cctv di kediri, cctv kediri,cctv di dampit, cctv di rejoso, kulkas,listrik,

    BalasHapus